Tempat wisata di Klaten

Klaten merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang letaknya berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Klaten sendiri ternyata banyak mempunyai berbagai tempat wisata yang tidak kalah menarik dibanding dua kota tersebut. Bagi Anda yang sedang di solo atau di jogja dan ingin mampir ke Klaten, kami memberikan daftar 10 tempat wisata di Klaten yang cocok untuk melepas penat dari keramaian kota.

Kabupaten Klaten yang letaknya diapit oleh beberapa kota tentu tidak memiliki daerah pesisir, namun klaten mempunyai beberapa keindahan lainnya seperti Candi, Air Terjun, Umbul dan beberapa tempat menarik lainya. Berikut ini kami akan membahas 10 tempat wisata di Klaten yang wajib Anda kunjungi.

Tempat wisata di Klaten yang Populer

Umbul Sigedang

Klaten terkenal memiliki berbagai tempat wisata yang berupa umbul, atau mata air alami, umbul sigedang menjadi tempat wisata pertama yang masuk dalam daftar 10 tempat wisata di Klaten yang cocok untuk melepas penat. Air di umbul ini sangat jernih, membuat Anda bisa dengan jelas melihat dasar dari umbul sigedang.

Lihat juga Tempat Wisata di Jepara

Anda juga bisa merasakan kesegaran mata air ini dengan berenang di dalamnya, sambil menikmati suasana umbul yang di sekelilingnya dikelilingi pohon-pohon dengan akar yang menggantung.

Umbul Ponggok

Umbul ponggok menjadi salah satu umbul yang paling terkenal atau populer di kalangan wisatawan, dan juga menjadi salah satu tempat wisata di Delanggu klaten. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Delanggu, Ponggok Kabupaten Klaten dan selalu banyak didatangi oleh pengunjung, terlebih jika saat akhir pekan atau hari libur tiba.

Anda bisa berenang di umbul atau mata air ini sambil melihat berbagai macam ikan air tawar dengan berbagai ukuran. Di tempat ini juga menyediakan berbagai peralatan seperti pelampung, alat snorkeling dan berbagai peralatan lainnya yang mendukung kegiatan Anda selama di umbul ponggok.

Umbul Manten

Masih mengenai tempat wisata di klaten yang berupa umbul, kali ini kita akan membahas tentang umbul Manten yang berlokasi di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, yang juga tidak terlalu jauh dari umbul sigedang. Menawarkan nuansa mata air di tengah rimbunnya pepohonan, membuat siapa saja yang berkunjung dan berenang disini merasakan kesegaran dan ketenangan.

Candi Plaosan

Di daerah perbatasan antara klaten dengan Yogyakarta memang terdapat banyak Candi, salah satu Candi yang berada di daerah Klaten tepatnya di kecamatan Prambanan yaitu Candi Plaosan. Komplek candi yang dikelilingi dengan area persawahan membuat tempat ini memiliki nuansa yang mempesona, apalagi jika Anda berada disini saat sore hari.

Rawa Jombor

Kali ini kita akan membahas tempat wisata di Klaten selain umbul, yaitu Rawa Jombor sebuah danau atau rawa yang berlokasi di daerah Dusun Jombor, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner yang terdapat di warung-warung yang terapung di atas rawa jombor. Selain itu Anda juga bisa memancing ikan sambil menikmati hamparan air di rawa jombor, atau pemandangan matahari terbenam saat sore hari.

Deles Indah

Klaten juga mempunyai kawasan pegunungan yang disana terdapat juga beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan juga masuk dalam daftar 10 tempat wisata di Klaten yang cocok untuk melepas penat. Salah satu tempat wisata di kawasan pegunungan klaten yaitu Deles Indah, menawarkan nuansa khas pegunungan yang sangat sejuk dan asri, serta pemandangan gunung merapi yang juga bisa dilihat dari tempat ini.

Pabrik Gula Gondang Winangoen

Klaten juga mempunyai wisata sejarah bagi Anda yang menyukai tentang cerita sejarah pada masa dulu. Pabrik Gula Gondang Winangoen merupakan salah satu pabrik gula paling tua yang ada di Indonesia dan sudah ada sejak era Belanda. Anda bisa berkeliling di dalam pabrik ini untuk melihat berbagai alat atau mesin kuno yang jaman dahulu digunakan untuk memproduksi gula yang dipajang di dalam museum tempat ini.

Anda bisa mengunjungi Pabrik Gula Gondang Winangoen setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul 3 sore, dan cukup membayar biaya retribusi sebesar 5 ribu rupiah.

Kebun Kamboja

Tempat wisata yang satu ini cukup unik dan tidak banyak terdapat di daerah yang lain. Di Klaten terdapat tempat wisata kebun kamboja yang berada di Desa Gayamprit, Klaten Selatan. Tempat ini dikelola dengan sangat baik sehingga pengunjung yang datang kesini bisa menikmati nuansa yang ada sambil berfoto di spot-spot menarik yang sudah disediakan.

Air Terjun Gemulai

Tempat wisata selanjutnya dalam daftar rangkuman 10 tempat wisata di klaten yang cocok untuk melepas penat dari keramaian kota yaitu Air Terjun Gemulai yang berlokasi di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. Air terjun ini masih sangat alam dan asri menyajikan pengalaman yang mempesona bagi Anda yang berkunjung langsung kesini.

Lihat juga Tempat Wisata di Karanganyar

Bukit Gancik

Bukit gancik masuk dalam wisata klaten boyolali karena letaknya di kabupaten Boyolali namun tidak jauh dari klaten, dan tidak ada salahnya Anda juga singgah di tempat wisata yang satu ini jika sedang berada di Klaten. Dari Bukit Gancik Anda bisa menikmati megahnya gunung merapi di hadapan Anda langsung dan jug terdapat beberapa spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat mempesona.