Tempat Wisata Bandung

Terdapat sebagian tempat wisata di Bandung  yang paling hits harus kamu kunjungi. Kebanyakan catatan tempat wisata di Bandung ini bernuansa alam.

Banyak turis menghabiskan waktu liburan mereka baik di akhir minggu ataupun libur nasional di beberapa tempat wisata di Bandung, mulai dari halaman tematik, tempat bersantai, kafe kekinian, serta pegunungan yang natural.

Berikut merupakan pembahasan sebagian tempat wisata di Bandung Barat serta Timur yang dapat Moms seleksi buat melarikan diri dari hiruk pikuk kota.

Daftar Tempat Wisata Bandung yang Paling Hits

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu adalah salah satu tempat wisata di Bandung terhits dari masa ke masa. Bahkan tempat ini tidak boleh terlewatkan apabila Anda adalah turis dari luar Bandung.

Gunung ini adalah legenda Sangkuriang yang selama ini kita dengar kisahnya.

Tangkuban Perahu sendiri berarti perahu yang terbalik, karena gunung ini menyerupai bentuk tersebut bila dilihat dari jauh.

Anda hobi hiking? Pastikan Anda memasukkan gunung ini dalam daftar destinasi Anda selama di Bandung. Tiket masuknya hanya Rp.20.000 per orang.

Seperti gunung pada umumnya, suhu di daerah ini bisa sangat rendah, bahkan mencapai kurang dari 5 derajat di saat-saat tertentu. Oleh karena itu, siapkan diri Anda, ya, apabila akan mendaki atau menginap di sekitar sini.

Teras Cihampelas

teras cihampelas bandung

Teras Cihampelas ini awalnya dibangun untuk memindahkan pedagang yang memenuhi sepanjang Jalan Cihampelas. Jalan yang sempit itu seringkali macet parah akibat di kanan kiri penuh pedagang dan pembeli.

Oleh karena itu, Pemkot Bandung membangun Teras Cihampelas di sepanjang jalan Cihampelas. Anda bisa naik tangga yang ada di beberapa titik. Di atasnya ada berbagai makanan dan souvenir yang bisa Anda beli.

Apabila Anda tidak tertarik beli apa-apa pun tidak masalah. Beberapa spot cocok untuk mengambil foto.

Tepat di bawahnya, Anda bisa berbelanja di pusat jeans dan apa saja yang berbahan kulit. Ada juga beberapa toko yang khusu menjual barang antik.

Selain itu, di sini Anda juga bisa melepas penat di Ciwalk, pusat perbelanjaan dengan penataan yang membuat Anda tidak bosan jalan-jalan.

Jalan Cihampelas pada dasarnya memang pusat berbagai perbelanjaan, oleh-oleh khas Bandung, dan tempat penginapan. Anda bisa menginap di sekitar sini apabila berniat jalan-jalan di kota.

Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate

Masih tentang tempat wisata Bandung kota, tidak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi Gedung Sate.

Tempat ini memiliki museum di dalamnya dan taman cantik di luarnya. Bahkan Anda bisa menikmati keindahan tata bangunannya ketika menapakkan kaki di sini.

Selain menjadi museum, ada film sejarah yang bisa Anda saksikan. Ada juga teknologi VR yang akan membawa Anda seperti terbang dengan balon udara atau menjadi bagian dari suatu sketsa di masa lalu.

Apabila Anda mau mengunjungi Museum Gedung Sate, Anda harus membayar tiket sebesar Rp.5.000 per orang. Lokasinya yang berdekatan dengan Taman Gasibu, Museum Geologi dan Museum Pos serta halte Bandros akan membuat liburan kota-kota Anda semakin seru.

Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia

Berlokasi di Jalan Cilaki Kota Bandung, museum ini berdiri tepat di sebelah Kantor Pusat Pos Indonesia.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk mengunjungi museum ini. Buka dari Senin sampai Sabtu, musem ini menerima kunjungan dari jam 9 pagi hingga 4 sore. Tidak sulit, kok, menjangkau tempat wisata di Lembang yang lagi hits selatan yang satu ini.

Meskipun namanya Museum Pos, benda koleksinya tidak hanya terbatas pada perangko. Ada banyak benda sejarah yang tersimpan di tempat ini.

Selain perangko buatan dalam dan luar negeri, berbagai surat sejak era kerajaan nusantara masih tersimpan rapi dan menjadi benda display di museum ini.

City tour di Bandung akan banyak membawa Anda ke tempat-tempat penuh sejarah.

Taman Gasibu

taman gasibu bandung

Tempat ini berlokasi di Jalan Diponegoro, berdekatan dengan Gedung Sate. Meskipun ini bukan area wisata khusus yang menawarkan wahana dan semacamnya, Taman atau Lapangan Gasibu seru juga, lho, untuk jogging dan bersantai sore.

Setiap Sabtu dan Minggu pagi, lapangan ini berubah menjadi pasar kaget. Anda bisa menemukan berbagai jajanan, pakaian, bahkan keperluan dapur di sini. Selain itu, banyak orang-orang yang lari-lari di lapangannya atau berfoto-foto.

Jalan Braga

jalan braga bandung

Ke Bandung memang wajib mampir ke Jalan Braga. Di masa Hindia Belanda, area ini merupakan kawasan perbelanjaan untuk orang Eropa. Tidak heran apabila bangunan di sepanjang jalan ini kental dengan nuansa sejarah dan vibe Eropa.

Jalan Braga memiliki banyak hal. Selain pusat perbelanjaan dan gedung-gedung bersejarah di Bandung, Anda bisa menemukan banyak cafe dan tempat jajan yang menyajikan beragam makanan.

Selain itu, Anda akan menemukan penjual lukisan di kanan-kiri jalan. Apabila Yogyakarta punya Malioboro dan Bali punya Sanur, Bandung memiliki Braga.

Jalan ini dekat dengan Alun-Alun Bandung, Masjid Raya Bandung, dan ikon-ikon Kota Bandung lainnya.

Lihat juga Tempat Wisata di Vietnam.

Hutan Kota Babakan Siliwangi

hutan kota babakan siliwangi bandung

Seperti namanya, tempat ini punya banyak pepohonan yang rindang. Atraksi utamanya adalah jogging track berwarna hijau yang terbuka untuk umum.

Untuk Anda yang lebih menyukai tempat terbuka, Babakan Siliwangi adalah tempat yang cocok. Anda hanya perlu membayar parkir apabila pergi ke sini.

Dari jogging track Anda bisa melihat arena olahraga milik ITB. Selain itu, ada banyak penjual jajanan dan makanan khas Bandung.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin wisata murah dan santai-santai di Bandung, Babakan Siliwangi harus masuk list. Foto-foto di sini juga seru, lho.

Taman Film

taman film bandung

Keberadaan taman ini khusus untuk mengapresiasi karya seni film. Ada beberapa lembah hijau yang luas di tempat ini dan satu layar LCD besar.

Meskipun kesannya seperti bioskop, Anda bisa merasakan sensasi menonton layar tancap di sini. Tempat duduknya seperti tribun dan rumput hijau di tempat ini adalah sintetis.

Film yang diputar pun untuk semua usia. Oleh karena itu, Anda bisa mengunjungi taman ini bersama keluarga.

Taman ini mempertontonkan film setiap hari dan biayanya pun gratis. Anda hanya harus membayar tarif parkir saja apabila main ke sini.

Terletak di Jalan Pasupati, Anda bisa menjangkau tempat ini dengan sangat mudah.

Katedral Santo Petrus

Katedral Santo Petrus

Katedral Santo Petrus sebenarnya merupakan gereja yang masih aktif pada umumnya. Namun bangunannya yang bergaya gotik ini sangat mencuri perhatian.

Gereja ini sarat akan sejarah terutama perihal keuskupan di kota Bandung. Apabila Anda mau mengunjungi tempat ini, pastikan minta izin dulu, ya.

NuArt Sculpture Park

nuart sculpture park bandung

Anda pernah melihat patung Wisnu yang mengendarai burung garuda di GWK? Patung itu adalah buatan Nyoman Nuarta, seniman asli Tabanan yang menetap di Bandung.

NuArt Sculpture Park adalah galeri patung buatan seniman tersebut. Terletak di Jalan Setra Duta Kencana, tempat ini cukup strategis. Tidak sulit menemukan galeri ini.

Tiket masuknya adalah Rp.50.000 per orang dan di dalamnya sudah ada tempat makan dan minum. ANda bisa mengunjungi tempat ini di hari Senin hingga Jumat pukul 9 pagi hingga 6 sore, atau akhir pekan di jam 11 siang hingga 10 malam.

Curug Dago

curug dago bandung

Air terjun ini sebenarnya masih terletak di kota Bandung. Namun karena tempatnya cukup terpencil, Anda harus melakukan perjuangan yang serius untuk menjangkau tempat ini.

Meskipun begitu, Anda bisa mengakses Curug Dago melalui komplek Citra Green Dago. Tiket masuknya pun murah, hanya Rp.12.000 per orang. Tempat ini masih tergolong kawasan hutan, sehingga sebaiknya Anda ke sini tidak terlalu sore.

Sebenarnya yang membuat tempat ini keren adalah pengalaman trekking seru yang harus Anda lalui untuk tiba di curug. Sesampainya di area “Prasasti Curug Dago”, Anda masih harus menuruni anak tangga beton yang terjal, namun aman.

Meskipun alamnya masih hijau dan cantik, pengelola tidak menyarankan pengunjung untuk berenang. Air curug dago sudah tercemar limbah rumah tangga dan kotoran hewan yang mengalir di sungai.

Chingu Little Seoul in Bandung

Chingu Little Seoul in Bandung

Chingu pada dasarnya adalah sebuah cafe bernuansa Korea di Bandung. Tidak hanya menyajikan makanan dan minuman khas Korea, cafe ini juga menawarkan vibe seperti sedang berada di Korea.

Oleh karena itu, apabila Anda mencari tempat bersantai sambil menikmati hawa Korea, Chingu Cafe adalah tujuan yang tepat.

Berlokasi di Jalan Sawunggaling, Tamansari, Anda bisa menemukan tempat ini dengan mudah.

Dari luar, tempat ini tampak seperti tempat makan biasa. Namun ketika Anda masuk, suasana di dalamnya benar-benar seperti jalan-jalan di Korea Selatan yang menawarkan berbagai sajian kuliner.

Anda juga bisa memanfaatkan spot-spot cantik untuk berfoto. Ada juga booth dimana Anda bisa menyewa hanbok selama di area Chingu.

t masuk sebesar Rp.15.000 untuk umum. Pelajar yang bisa menunjukkan kartu pelajar hanya perlu bayar Rp.10.000, lho.

Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung

Jika Anda mencari wisata di Bandung yang cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga, Upside Down World bisa menjadi alternatif.

Daya tarik tempat ini adalah display dan instalasinya yang seru untuk berfoto-foto karena Anda seperti ada di dunia yang terbalik. Tiket masuknya cukup lumayan, yaitu antara Rp.50.000 hingga Rp.100.000.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam. Terletak di Jalan Bagusrangin, tidak sulit, kok, menemukan tempat ini. Tapi kami sarankan untuk sewa mobil Bandung saja agar lebih mudah, mengingat kota Bandung bisa sangat padat.

Masjid Al Imtizaj Bandung

Sebenarnya masjid ini seperti tempat ibadah umat Islam pada umumnya. Namun Masjid Al-Imtizaj punya ciri khas yang oke, yaitu arsitekturnya yang sangat khas Tionghoa.

Tentu saja ini merupakan bukti akulturasi budaya yang berbaur dengan indah. Anda bisa menemukan tempat ini di Jalan Banceuy.

Menemukan masjid ini sangat mudah karena bangunan dan warnanya yang mencolok, yaitu kuning dan merah. Apabila Anda mampi ke sini, jangan lupa foto-foto dulu, ya.

Taman Lansia

taman lansia bandung

Apakah Anda pernah dengar Jalan Cisangkuy? Selain penuh dengan wisata kuliner yang menarik, ada sebuah taman kota di Bandung yang sangat hits.

Namanya adalah Taman Lansia. Buka selama 24 jam setiap hari dan tanpa pungutan bea tiket masuk, Anda tidak perlu jadi lansia untuk mengunjungi taman ini. Menurut warga sekitar, nama lansia sepertinya mengambil dari usia taman yang sudah cukup tua.

Tempat ini sudah ada sejak tahun 1885 dan masih hits hingga hari ini.

Di sini, Anda bisa menikmati suasana kota Bandung yang sejuk dan asri, meskipun ada di tengah kota. Ada beberapa spot yang cocok untuk berfoto, olahraga ringan, dan juga penyewaan kuda.

Taman Lansia juga cocok untuk Anda yang mencari wisata gratis kota Bandung. Apabila lapar, di Jalan Cisangkuy banyak penjual yang menawarkan jajanan ringan hingga makanan berat dengan harga terjangkau.

Taman Vanda

taman vanda bandung

Jalan Merdeka dan sekitarnya punya banyak sekali tempat terbuka yang cocok untuk wisata murah. Taman Vanda adalah salah satunya. Tempat ini buka 24 jam dan menawarkan keindahan kota yang luar biasa tanpa pungutan biaya. Anda mungkin hanya perlu bayar parkir saja.

Taman ini menyuguhkan air mancur warna-warni di tengah kota Bandung, oleh karena itu akan cocok kalau Anda ke sini sore menjelang malam. Ada juga taman bunga mini yang cocok untuk berfoto-foto. Bahkan areanya cukup mendukung untuk jalan-jalan dan jogging pagi.

Taman Vanda berdekatan dengan Taman Balaikota, Jalan Braga, dan lain sebagainya. Apabila Anda merencanakan city tour tanpa bujet, mengunjungi taman-taman di kota Bandung adalah ide yang ideal.

Congo Bandung

congo bandung

Congo adalah nama sebuah cafe hits di Bandung. Terletak di kawasan Dago, cukup mudah untuk menjangkau tempat ini.

Selain menawarkan berbagai menu makanan yang variatif, cafe ini juga punya tempat unk yang seringkali dijadikan spot foto prewedding. Letaknya berada di tengah-tengah hutan, sehingga Anda akan merasakan sensasi berbeda ketika ngafe di sini.

Desain cafenya sendiri juga unik dan antik. Oleh karena itu, travel kami sangat menyarankan Anda untuk ke sini karena selain menunya enak, tempatnya pas untuk melepas penat dan foto-foto cantik.

Taman Peta Park Bandung

Taman Peta Park Bandung

Taman Peta, atau Peta Park adalah taman lain yang ada di kota Bandung, meskipun letaknya agak jauh ke daerah Bojongloa Kaler.

Mengusung konsep taman bermain yang cocok untuk anak-anak dan piknik orang dewasa, Anda bisa menikmati tempat ini dengan membayar tiket masuk seharga Rp.15.000 saja.

Taman kota yang satu ini buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 7 malam di hari biasa, dan jam 7 pagi hingga jam 9 malam di akhir pekan. Mengunjungi tempat ini bersama keluarga adalah ide yang oke, apalagi jika Anda tidak ingin jauh-jauh keluar kota Bandung.

Peta Park menawarkan pemandangan hijau yang asri. Selain itu, ada juga berbagai spot foto yang cantik dan sayang untuk Anda lewatkan.

Apabila Anda ke sini sore hari, matahari tenggelam bisa Anda saksikan dari taman ini. Keberadaan area bermain untuk anak-anak juga menjadikan taman yang satu ini ramah anak-anak.

Anda juga bisa menikmati jajanan khas Bandung dan makanan berat untuk mengisi perut Anda. Tempat ini sudah lengkap dengan fasilitas, kok, sehingga kunjungan Anda semakin nyaman.